Server Softswitch PBX




Apa itu PBX?

PBX ( Private Branch Exchange ) adalah penyedia layanan telepon yang melayani pertukaran telepon  dengan pusat di dalam suatu perusahan, dan menjadi penghubung antara telepon dari publik ke telepon atau jaringan telepon dari perusahan ke anak perusahan lainnya di area yang lebih luas. Dengan kata lain, PBX merupakan suatu perangkat keras elektronik telekomunikasi yang berfungsi sebagai bagian Internal ( Extention to Extention ) dengan External ( Outgoing dan Incoming ).

PBX menjadi sebuah sentral private dengan fitur seperti sentral  public yang digunakan oleh suatu lembaga atau perusahaan dalam melayani komunikasi internet perusahaan tersebut.

Sejarah PBX


Sistem telepon pertama yang populer adalah 1A2 Key System, yang memiliki variasi dan dipercaya oleh pasar perusahaan selama bertahun-tahun pada era 1950-an. KSU ( Kunci Layanan Unit ) dalam 1A2 Key System bertindak sebagai unit kontrol pusat dan panggilan yang dialihkan melalui mekanisme fisik yang terdapat pada telepon.


PBX pertama kali digunakan untuk menggambarkan sistem kunci.PBX secara bertahap mulai menggunakan sistem otomatis dan non-operator. Dalam perkembangan  PBX, salah satu trans sistem yang muncul adalah Volp PBX, atau biasa dikenal dengan IP PBX. 

IP PBX menggunakan protokol internet untuk melakukan panggilan telepon. Sekarang ini PBX memberi dukungan dalam perkembangan Volp PBX. ISDN PBX juga telah mengalami perkembangan sejak tahun 1990-an. ISDN PBX juga telah mengalami perkembangan sejak tahun 1990-an. ISDN PBX sudah menawarkan layanan panggilan konferensi, call forwarding, dan memanggil host ID yang telah diprogram sebelumnya. Meskipun demikian, adanya proyek mengenai sumbur terbuka ini justru dapat dikombinasikan dengan perangkat keras untuk mengurangi biaya kepemilikan PBX.



Fungsi PBX
       
PBX dibedakan dari sistem kunci yang di lakukan pengguna secara manual ketika pengguna menekan nomor tujuan. Sehingga, secara otomatis PBX akan menuju jalur sesuai dengan nomor yang dituju pengguna. Sistem PBX memungkinkan pengguna untuk melakukan panggilan telepon secara internal dan eksternal dengan menggunakan kode telepon yang telah terdaftar di central office maupun di DDCO.

Sistem PBX secara fungsional memiliki empat tugas panggilan pengolahan utama,antaranya yaitu : 


a. Membuat koneksi (sirkuit) atau menghubungkan antara telepon pengguna dengan telepon yang  dituju, misalnya pemetaan ke nomor tujuan untuk memastikan jaringan telepon tidak sibuk.
b. Menjaga koneksi atau sambungan selama menggunakan telepon, yaitu dengan menyalurkan sinyal antara pengirim dengan penerima pesan.
c. Mematikan koneksi atau hubungan jaringan telepon sesuai dengan perintah pengguna telepon.
d. Menyediakan informasi untuk kepentingan akuntasi, misalnya menampilkan lama waktu panggilan atau Metering Call.


Proses Kerja PBX Server Softswitch


Sebuah sistem IP PBX terdiri dari satu atau lebih telepon SIP, Server IP PBX dan secara opsional VOIP gateway untuk terhubung ke jalur server, klien SIP, baik berupa software (softphone) atau perangkat keras berbasis ponsel, mendaftar ke server IP PBX, dan ketika mereka ingin membuat panggilan mereka meminta IP PBX untuk melakukan panggilan.
IP PBX memiliki daftar semua ponsel atau pengguna dan alamat sesuai dengan SIP mereka dan dengandemikian dapat menghubungkan panggilan internal atau rute panggilan eksternal baik melalui gateway VOIP atau menyedia layanan VOIP






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengidentifikasi Jenis-jenis Konektor Fiber Optic